Followers

Saturday, April 22, 2017

CARA AGAR IKAN GURAMI CEPAT BESAR BAGI PENGUSAHA PEMBESARAN IKAN GURAMI

Dalam usaha pembesaran ikan gurami sebenarnya tidak ada hal yang pasti agar ikan gurami cepat tumbuh besar dengan sekali melakukan sesuatu tetapi membutuhkan proses yang tertentu. Di sini peluang usaha akan menjelaskan cara-cara atau tips cara pembesaran ikan gurami agar lebih cepat pertumbuhannya tetapi yang pasti perlu proses bukan langsung menjadi besar, tetapi lebih cepat dari pertumbuhan biasanya. Terus bagaimana caranya??
Cara untuk agar ikan gurami cepat tumbuh besar dalam usaha budi daya pembesaran ikan gurami, di antaranya :

Memperbanyak kolam atau balong

Jadi intinya jika gurami pingin lebih cepat pertumbuhannya maka sarat di antaranya adalah Anda harus mempunyai kolam yang banyak, kenapa bisa begitu, karena jika Anda mempunyai kolam yang banyak Anda akan lebih mudah untuk memisahkan ikan tersebut kedalam kolam, dan Anda bisa menabung ikan dalam satu kolam dengan jumlah yang sedikit.
Coba Anda buktikan sendiri, jika Anda punya 2 balong yang ukurannya sama kemudian Anda taburi benih ikan gurami tersebut dengan jumlah yang berbeda, yang satu Anda isi dengan 2000 ekor ikan gurami dan yang satunya lagi Anda isi dengan 500 ekor benih ikan gurami untuk pembesaran ikan gurami, benih tersebut sama besarnya waktu Anda menaburkan benih ikan gurami tersebut kedalam 2 kolam yang Anda sediakan, dan tunggu selama satu bulan. Jika sudah satu bulan Anda coba bandingkan ikan gurami tersebut yang di isi 2000 ekor dan 500 ekor dalam ukuran kolam yang sama tetapi beda jumlah ikannya, yang pasti jauh lebih besar yang 500 ekor dalam satu kolam tersebut, kenapa bisa begitu? Karena ternyata jika ikan gurami dalam satu kolam lebih sedikit jumlah ikannya maka pertumbuhan ikan akan lebih cepat pertumbuhannya bahkan bisa 3 kali lipat lebih besar dibandingkan dengan 2000 ekor ikan yang di satukan dalam satu kolam tersebut, sangat luar biasa bukan? Jadi intinya jika Anda mempunyai 2000 ekor bibit ikan gurami untuk media pembesaran jika ingin cepat memanen maka Anda harus mempunyai 4 kolam untuk pembesaran. Maka Anda akan lebih cepat dalam usaha pembesaran karena Anda akan lebih sering memanennya dibanding jika Anda menaburkan 2000 ekor bibit ikan gurami dalam satu kolam terebut.

Luas kolam

Syarat kedua jika Anda pingin lebih cepat memanen ikan selain harus mempunyai kolam yang banyak, Anda juga harus mempunyai kolam yang ukurannya luas. Jika Anda menerapkan sarat yang di atas 2000 ekor bibit ikan gurami Anda tebar dalam 4 kolam tetapi 4 kolam tersebut ukurannya kecil-kecil maka pertumbuhannya akan kurang cepat tetapi jika 4 kolam tersebut ukurannya kira-kira 6 meter persegi maka Anda akan lebih cepat memanen dalam waktu yang singkat. Jadi intinya jika kolam berukuran 6 meter persegi dan Anda menaburi bibit ikan sebanyak 500 ekor maka ikan tersebut akan lebih cepat pertumbuhannya dan Anda pun akan lebih cepat memanennya. Jika Anda seorng pengusaha di bidang pembesaran ikan gurami maka Anda jangan serakah yang berarti jika Anda mempunyai kolam ukuran 6 meter persegi Adna menburkan bibit ikan gurami sebanyak 3000 ekor maka Anda akan lambat memanen dan yang pasti bakalan lebih banyak biaya pakan yang Anda keluarkan. Berbeda jika Anda menaburi kolam yang berukuran 6 meter persegi dengan sejumlah 500 ekor bibit ikan gurami, maka Anda akan lebih cepat memanen dan biaya pakan pun akan lebih rendah, dan yang pasti hasilnya juga akan berbeda dengan jumlah ikan yang lebih banyak. Jika Anda pingin banyak dalam usaha pembesaran ikan gurami maka Anda harus banyak pula kolamnya agar semuanya lebih cepat dan hasilnyapun lebih besar.

Harus sering merabuk kolam dengan media kotoran ayam

Sarat berikutnya jika Anda pingin pembesaran gurami lebih cepat, maka Anda harus sering merabuk kolam tersebut dengan media kotoran ayam. Cara perabukan kolam :
Pertama keringkan terlebih dahulu kolam tersebut dan biarkan selama satu minggu, dan yang pasti bersihkan kolam dari limpur.
Setelah kolam kering maka taburi kolam dengan kotoran ayam sebanyak 2 karung pakan ayam, setelah kolam ditaburi kotoran ayam dengan merata maka tutup kolam dan di isi air sampai penuh dan tunggu beberapa hari sampai si airnya tidak berbau kotoran ayam. Setelah air tidak berbau maka taburkan benih ikan gurami tersebut kedalam kolam yang sudah di rabuk dengan media kotoran ayam. Lakukan hal tersebut maksimal 2 bulan sekali agar gurami Anda lebih cepat pertumbuhannya. Karena media perabukan akan menimbulkan pakan yang alami dan tentunya lebih bagus buat pertumbuhan bibit ikan gurami tersebut.
Sekian Cara agar ikan gurami cepat tumbuh besar untuk pengusaha pembesaran ikan gurami.
Dan jangan lupa baca juga tips sukses usaha budi daya ikan gurami. 
Dan Penanggulangi ikan yang terkena penyakit jamur
Sekian semoga bermanfaat dan selamat mencobanya.
>

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Colgate Coupons