Followers

Friday, January 1, 2016

PELUANG USAHA MODAL KECIL HASIL MAKSIMAL

Saat ini banyak pengusaha yang bermunculan di Indonesia, dari mulai usaha besar, kecil dan menengah.
Kebanyakan calon pengusaha terkadang kebingungan untuk memulai usaha, padahal peluang usaha sudah ada di depan mata kita. yang sering kita dengar adalah kendala tentang keuangan. Padahl untuk memulai usaha itu tidak memerlukan biaya yang sangat besar, Berapa modal yang anda punya itu adalah modal pertama kita untuk memulai usaha, mulailah dari hal yang terkecil jangan terburu-buru untuk usaha yang besar, bahkan samapai ada yang minjam uang lewat bank atau sana situ, yang ada Anda bakalan kebingungan untuk membayarnya. Awali dengan modal yang Anda punya, baru kita berpikir untuk memperbesar usahanya. Di sinsi PUM (peluang usaha menjanjikan) Akan sedikit membhas peluang usaha modal kecil hasil maksimal. Emangnya ada usaha modal kecil hasil maksimal? Yang pasti ada!! bahkan banyak. Mungkin karena kita belum mengetahuinya dan bahkan sudah tahu tetapi belum pernah mencobanya. Di antaranya yang PUM mau dijelaskan tentang usaha modal kecil hasil maksimal adalah usaha di bidang budidaya gurami.
Ikan gurami sangat disukai di kalangan masyarakat Indonesia karena rasanya yang sangat gurih dan yang pasti gizinya yang baik untuk kebutuhan tubuh kita, prospek usaha budidaya ikan gurami sangatlah cerah karena banyak rumah makan yang menyajikan menu makanannya dengan bahan ikan gurami.

Cara Budidaya Ikan Gurami

Cara budidaya gurami ada beberapa bagian di antaranya
  1. Pembibitan
  2. Pembesaran
 Dalam pembibitan gurami ada hal-hal yang perlu Anda ketahui di antaranya :
  1. Penyiapan induk gurami yang berkualitas
  2. Pakan indukan supaya cepat bertelur
  3. Temap/kolam untuk pemijahan indukan gurami
  4. Tempat/kolam pendederan 
Dalam usaha pembesaran ikan gurami yang Anda siapkan di antaranya :
  1. Kolam untuk pembesaran
  2. Pakan 
Hal-hal di atas adalah faktor-faktor pendukung usaha budidaya ikan gurami.

Tips supaya gurami cepat besar

Paktor utama dalam usaha pembesaran gurami adalah tergantung kolam gurami tersebut.
Kolam dalam usaha pembesaran gurami Adalah paktor utama Pendukung usaha pembesaran gurami tersebut. Karena ukuran kolam harus tepat dalam pembesaran ikan gurami tersebut. Yang dimaksud harus tepat di sini adalah kolam gurami lebih besar lebih bagus karena akan membantu pertumbuhan gurami. Jika kolam Anda ukurannya 5x6 m terus di isi ikan gurami sebanyak 5000 ekor maka pertumbuhannya akan lambat, tetapi ukuran tersebut jika Anda isi dengan ikan gurami sebanyak 1500 ekor pasti pertumbuhannya bakalan beda dengan kolam yang berukuran 5x6 m tersebut yang di isi ikan gurami sebanyak 5000 ekor, dan yang pasti bakalan bedah jauh walaupun umurnya atau bibitnya sama.
Yang kedua tips supaya gurami cepat besar adalah pemberian pakan yang cukup. dalam pemberian pakan Anda harus bisa mengaturnya jangan kebanyakan dan apalagi jangan kekurangan, karena akan mempengaruhi proses pertumbuhan ikan gurami tersebut.
Artikel Bersangkutan :

  1. APAKAH BUDIDAYA IKAN GURAMI BISA DIJADIKAN USAHA SAMPINGAN??
  2. CARA AGAR IKAN GURAMI CEPAT BESAR BAGI PENGUSAHA PEMBESARAN IKAN GURAMI
  3. CARA BUDIDAYA IKAN GURAME 
  4. CARA MEMBUAT PAKAN AYAM DENGAN BIAYA MINIM
  5. CARA MEMULAI USAHA BUDI DAYA LOBSTER AIR TAWAR
  6. CARA MEMULAI USAHA TERNAK AYAM KAMPUNG
  7. CARA MEMULAI USAHA TERNAK AYAM KAMPUNG BAGI PEMULA
  8. CARA MENANGGULANGI IKAN GURAMI YANG TERKENA PENYAKIT JAMUR
  9. CARA MERAWAT TELUR GURAMI YANG BAIK

Tips sukses usaha budidaya gurami

Saya akan sedikit memberikan tips-tips usaha budidaya gurami media plastik.
  • Pertama yang harus Anda lakukan adalah pembuatan kolam
Buatlah kolam berukuran 5 x 8 m. Caranya pembuatan kolam Anda harusmengali tanah halaman Anda dengan berbentuk cekung kaya alat penggorengan, agar dikala panen mudah untuk mengambil ikan gurami tersebut, Berilah pembuangan air di tengah-tengah kolam. Setelah selesai beri sekam padi di lantai kolam tersebut dengan merata agar tidak merusak plastik nantinya, setelah selesai pasang plastik tersebut dengan ukuran 5,5 x 8,5 m. biar pas kedalam kolam tersebut karena kita memasang sampai kebagian tanggul kolam tersebut. Setelah plastik terpasan kemudian isi dengan air sungai setengah ketinggian kolam tersebut.
  • Pembelian bibit gurami
Anda beli gurami yang masih baru hidup atau bisa di sebut larva gurami atau kebul gurami satu sarang gurami. Biasanya dalam satu sarang ada 5000 ekor larva gurami, Harganya kalau di daerah saya 1 sarang di hargai sebesar Rp 100,000. Anda tebar di kolam plastik tersebut dan di kasih genting dalam kolam tersebut sebanyak 10 pcs untuk sembunyi ikan gurami tersebut.
  • Pakan gurami
Pakan gurami yang baru hidup bagusnya dengan menggunakan cacing sutra atau bisa di bilang cacing rambut, cara pemberian pakan anak gurami Anda tinggal menaburkan cacing sutra kedalam kolam plastik dengan merata di setiap bagian agar semuanya kebagian. Jika cacing hampir habis maka Anda harus kasih lagi dan terus menerus sampai siap Anda memanennya.
  • Panen ikan gurami
Jika sudah berumur 2 bulan biasanya gurami yang di beli tadi yang baru hidup akan sebesar kuku jari dan harganya sebesar Rp 500 rupiah. Berarti Anda tinggal mengalikan jumlah ikan rata-rata dalam satu sarang sebanyak 5000 ekor dikali Rp 500 rupiah maka hasilnya sebesar Rp 2,500,000 rupiah dalam 2 bulan tersebut.
Itu jika Anda mempunyai 1 kolam pembesaran gurami, jika Anda mempunyai kolam 3 dan masing-masing kolam tersebut di isi satu sarang gurami berarit Anda mempunyai 15.000 ekor ikan gurami maka dalam 2 bulan Anda akan menghasilkan sekitar Rp 7,500,000 rupiah, sangat luar biasa bukan.
Usaha budidaya gurami ini Anda bisa dilakukan untuk usaha sampingan Anda karena budidaya gurami tidak membutuhkan waktu sehari-hari paling pagi dan sore untuk mengasih pakan ikan tersebut dan seterusnya waktu Anda banyak yang luang bisa Anda manfaatkan dengan usaha yang lain agar penghasilan Anda tambah dan tambah.
  • Perawatan 
Dalam budidaya ikan gurami pastinya ada hal-hal penting dalam perawatan di bidang kolam, air, ikan, pakan, dan sebagainya.
Paktor keberhasilan budidaya gurami media kolam plastik di antaranya perawatan air, air di kolam terpal Anda harus di jaga karena akan menimbulkan penyakit/hama ikan gurami. Yang harus diperhatikan dalam peraw
atan air adalah dari segi baunya, jadi air yang harus Anda perhatikan dari segi baunya bukan dari rasanya atau warnanya, contoh gambaran kecil. Jika Anda punya kolam plastik kemudian warna airnya ke biruan kaya lumut tetapi baunya tetap seteril tidak ada perubahan seperti air biasanya itu tidak akan mempengaruhi terhadap ikan gurami Anda. Tetapi walaupun airnya bening tetapi sudah berbau busuk, hanyir, dan sebagainya maka akan mempengaruhi ika gurami Anda, biasanya jika air di kolam plastik sudah berbau ikanpun akan kelihatan lemas dan selalu ada di permukaan air. Jika Anda mengalami seperti itu maka Anda harus memindahkan ikan tersebut ke kolam yang baru di isi air tetapi yang sudah 2 hari di dalam kolam bukan yang baru di airi dari sungai, air yang sudah di diamkan selama minimal 2 hari, karena jika Anda memindahkan ikan yang sudah lemas kedalam kolam yang baru di airi dari sungai maka ikan akan mati karena air belum seteril jadi ikan belum bisa beradaptasi dengan air tersebut.
Jadi intinya jika kolam Anda berubah warna dan rasa tetapi tidak berbau maka masih bisa Anda gunakan untuk berbudidaya gurami, dan jika sebaliknya warna dan rasa tidak berubah tetapi air sudah berbau yang tidak sewajarnya air maka Anda harus segera memindahkan ikan gurami tersebut ke kolam yang airnya tidak berbau. Artikel bersangkutan :

  1. APAKAH BUDIDAYA IKAN GURAMI BISA DIJADIKAN USAHA SAMPINGAN??
  2. CARA AGAR IKAN GURAMI CEPAT BESAR BAGI PENGUSAHA PEMBESARAN IKAN GURAMI
  3. CARA BUDIDAYA IKAN GURAME
  4. CARA MEMBUAT PAKAN AYAM DENGAN BIAYA MINIM
  5. CARA MEMULAI USAHA BUDI DAYA LOBSTER AIR TAWAR
  6. CARA MEMULAI USAHA TERNAK AYAM KAMPUNG
  7. CARA MEMULAI USAHA TERNAK AYAM KAMPUNG BAGI PEMULA
  8. CARA MENANGGULANGI IKAN GURAMI YANG TERKENA PENYAKIT JAMUR
  9. CARA MERAWAT TELUR GURAMI YANG BAIK
  • Akan menghasilkan???
Semua di atas kita lakukan semata-mata untuk menghasilkan uang he he he.
Tapi Anda harus ingat bahwa yang menentukan berhasil atau tidaknya bukan Anda tetapi sang maha kuasa dan maha kaya dan maha pemberi rijqi. Jadi Anda perlu sambil Anda lakukan tips-tips di atas jangan lupa Anda selalu berdoa kepada yang maha pemberi rijqi (Allah SWT). Sekian Smoga Anda berhasil amin...




>

5 komentar:

abdel said...

faktor hama atau penyakitnya ada ga? Kalau ada mohon jelaskan dan gimana cara menanggulanginya?trimakasih

denie said...

maaf boss numpang tanya. Apakah ikan tersebut ada di daerah brebes jawa tengah???

arjuna loveU said...

Pemasarannya gi mana lancar gak

arjuna loveU said...

Pemasarannya gi mana lancar gak

Peluang Usaha said...

sagat lancar mas

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Colgate Coupons