Followers

Thursday, August 3, 2017

KULINER DARI BAHAN SINGKONG

Singkong adalah termasuk umbi akar atau akar pohon yang panjang fisik rata-rata bergaris tengah 2-3 cm dan panjang 50-80 cm. Tergantung dari jenis singkong yang di tanam. Daging umbinya berwarna putih atau ke kuning-kuningan.

Ketela pohon atau yang di kenal singkong bisa di buat berbagai macam jenis makanan ringan yang enak, umbi singkong banyak manfaatnya bagi tumbuh kita di antaranya :

  1. Melancarkan pencernaan
  2. Mengobati sakit kepala
  3. Untuk mengobati diare
  4. Mencerdaskan otak
  5. Obat luka bernanah dan terbakar
  6. Mengatasi rematik
  7. Obat cacingan
Dari umbi satu ini sudah banyak manfaatnya bagi tubuh kita, pada jaman nenek moyang kita sebelum ada makanan dari pasar semua makanannya dari bahan singkong tersebut dan hasilnya pada jaman dahulu umurnya bisa mencapai 100 thn lebih, sedangkan jaman sekarang 80 thn juga sudah langka, karena jaman sekarang makanannya banyak yang mengandung bahan-bahan kimia yang tidak bagus bagi tubuh kita.

Tetapi sekarang sudah banyak para pelaku usaha rumahan atau usaha keluarga yang memanfaatkan bahan pokoknya dari singkong tersebut, dan ternyata mereka bisa memasarkan produknya dengan sangat mudah dengan kerja sama dengan warung-warung.

Dari umbi akar ini yang dinamakan singkong bisa di sulap menjadi berbagai macam makanan ringan yang lezat di antaranya yang sudah kita dengar makanan yang terbuat dari singkong di antaranya :

  1. Keripik singkong
  2. Getuk
  3. Tiwul
  4. Tape
  5. Gatot
  6. Brownies
  7. Donat Telo

  • Keripik singkong

Untuk yang mencari peluang usaha Anda bisa mencobanya dengan jajanan di atas tersebut yang terbuat dari singkong, seperti kripik singkong sekarang sudah banyak keripik singkong berbagai macam merek dan nama tetapi dalamnya sama dari singkong, usaha keripik singkong memang tergolong usaha kecil menengah tetapi jangan di pandang sebelah mata, karena ternyata usaha tersebut bisa menghasilkan omset puluhan juta per bulannya.

  • Getuk
Getuk adalah makanan yang sudah ada dari dulu, tetapi sekarang sudah pada kreatif tentang memasarkan getuk bahkan sudah beraneka ragam seni dan rasa sudah dipasarkan dari getuk ini. usaha ini bisa Anda lakukan dari rumah dan bisa Anda pasarkan di warung-warung terdekat Anda.

  • Tiwul
Tiwul adalah jajanan yang terbuat dari singkong dan rasanya pun sangat enak, biasanya pada jaman dahulu tiwul ini bisa di jadikan peganti beras atau nasi, karena ternyata tiwul ini bisa membuat perut kenyang sama seperti nasi.

  • Tape
Tape adalah terbuat dari singkong yang di permentasi, tape sudah banyak di jual di pasaran bahkan sekarang tape jadi jajanan ringan iri khas bandung jadi tape bandung. Bukannya tape hanya ada di daerah bandung di berbagai kota sudah ada yang namanya tape. Usaha ini memang sangat menguntungkan karena jika singkong sudah menjadi tape harganya akan naik berkali-kali lipat jadi ke untungan usaha tape bisa mencapai 100%.

  • Gatot
Gatot juga makanan yang terbuat dari singkong yang di permentasikan selama satu minggu lebih, singkong di belah-belah kemudian di jemur selama satu minggu lebih dan baru di olah menjadi gatot dan di campur parudan kelapa, rasanya juga tidak kalah bersaing dengan jajanan yang sudah di kemas dengan kemasan plastik.

  • Brownies
Brownies adalah kue yang sudah tidak asing lagi di telinga kita hampir di setiap toko kue menyediakan yang namanya brownies dan harganya pun cukup lumayan mahal, Anda juga bisa membuat brownies dari bahan singkong dan rasanya pun tidak kalah dari brownies biasanya yang sudah ada di pasaran. Usaha ini bisa Anda lakukan dari rumah atau memanfaatkan lokasi yang kosong di rumah Anda, bahkan sudah banyak usaha brownies yang via online dan hasilnya pun jangan di pandang sebelah mata sudah bisa bersaing dengan usaha kecil menengah.

  • Donat Telo

Dan Anda bisa membuat donat dari bahan singkong rasanya juga sangat enak dan mengenyangkan lumayan buat ganjal perut. Donat sudah tidak asing lagi di mata masyarakat, jadi prospek usaha donat Telo sangat menjanjikan dan bahkan bisa menghasilkan omset yang besar dari donat telo tersebut. Sebenarnya masih banyak jajanan ringan yang berbahan pokok dari singkong tersebut bukan hanya  yang sudah di sebutkan saja di atas tetapi masih banyak lagi makanan ringan yang terbuat dari bahan singkong.

  • Tinggal Anda mengisis jajanan terbaru yang terbuat dari singkong
Mungkin jika Anda kreatif Anda bisa membuat produk baru yang berbahan utama dari singkong, dan mungkin saja harganya akan lebih jauh dari pada singkongnya.
>

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Colgate Coupons