Senin, 17 April 2017

PELUANG USAHA MENJANJIKN BUDI DAYA BURUNG MERPATI

http://usaha-success.blogspot.co.id/2017/03/cara-membuat-bakso-super-enak-dan-pedas.html
Burung merpati terkenal sebagai burung setia terhadap pasangannya. Selain sebagai hewan peliharaan, burung merpati juga bisa dijadikan sebagai merpati balap, merpati pos, dan merpati tinggian. Komunitas penggemar merpati cukup banyak, terbesar hampir disetiap kota. Di Indonesia, ada komunitas merpati untuk jenis merpati balap, merpati pos, dan merpati tinggian. Harga merpati balap, merpati pos, dan merpati tinggian cukup tinggi, mulai dari Rp 200.000 - Rp 300.000. Harga tersebut dapat melambung tinggi, jika merpati sudah memenangkan kontes. Telur dari indukan merpati unggul bahkan dapat diharagai Rp 100.000 - Rp 250.000 per butirnya. Sungguh harga yang fantastis! harga tersebut tentu tidak menjadi masalah bagi pencinta burung merpati karena mereka biasanya mencati kebanggaan dan kepuasan batin. Dengan demikian, peluang usaha budi daya merpati cukup menjanjikan.
Manfaat lain dari merpati adalah sebagai sumber protein hewani dengan kata lain dijadikan sebagai merpati potong. Dalam hal ini, merpati digemari oleh hampir seluruh kalangan masyarakat karena dagingnya yang gurih. merpati memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi dan peluang usaha di bidang ternak merpati potong cukup menjanjikan. Penggemar daging merpati memang cukup banyak, namun pesaing di bisnis ini masih sangat sedikit. Jika Anda jeli dalam melihat peluang usahanya maka Anda dapat sekaligus membuka rumah makan khusus daging merpati dengan berbagai hidangan, seperti merpati bumbu rica-rica, merpati goreng saus tiram, merpati presto, opor merpati, merpati bakar bumbu, dan lain-lain. Di Negara Amerika Serikat, hidangan daging merpati cukup banyak penggemarnya. Merpati yang dihidangkan adalah merpati yang muda, berumur sekitar 1 bulan. Masyarakat Amerika Serikat bisa menamakan hidangan tersebut dengan istilah "squab".

Panduan beternak burung merpati

Ada beragam jenis burung merpati, namun yang bisa diternakan untuk jenis merpati potong, antara lain jenis giant homer, cerneau, homer king, dan modaine. Di indonesia, merpati potong yang bisa diternakan adalah jenis homer king. Merpati jenis ini merupakan hasil persilangan antara merpati jenis king dengan giant king. Untuk merpati balap, yang bisa diternakan adalah merpati tumbler, merpati pos, flight, flying, tipper, dan belgian homer- tidak jaug berbeda karena merpati mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Adapun tahapan di dalam beternak merpati, antara lain :

a. Perkandangan

Untuk beternak merpati, diperlukan beberapa kandang, antara lain kandang induk, kandang anakan, dan kandang pengobatan.

1) Kandang induk

Kandang induk berfungsi untuk menempatkan sepasang induk merpati yang siap untuk dikawinkan. Kandang ini hanya berisi sepasang induk merpati karena kandang ini digunakan pula untuk tempat sarang telur merpati hingga telur tersebut menetas. Ukuran minimal kandang merpati : Panjang kandang sekitar 2,1/2 kali panjang induk merpati dan lebar kandang sekitar 2 kali panjang induk merpati. Sebaiknya kandang induk berada di dalam kotak yang dingding-dingdingnya menggunakan ram-raman kawat dengan ukuran yang jauh lebih besar dari kandang induk-minimal induk dapat terbang di  sektar kandang, tetapi tidak terbang bebas sehingga mudah untuk di tangkap.

2) Kandang anakan

Kandang ini berfungsi untuk membesarkan anakan yang sudah disapih dari induknya hingga siap di panen. Umur sapih yang normal sekitar 1,5 bulan. Untuk mempercepat proses perkawinan, anakan merpati (piyik) dapat disapih pada umur 2 minggu. Karena piyik tersebut belum dapat makan sendiri maka Anda yang memberikan atau menyuapi makanan ke piyik tersebut. Piyik mulai dapat makan sendiri setelah berumur 1 bulan.

3) Kandang pengobatan

Sesuai dengan namanya, kandang ini berfungsi sebagai tempat untuk mengobati merpati yang sakit sehingga merpati lainnya dapat terhindar dari penyakit. Ukuran kandang ini dapat disesuaikan dengan lahan yang tersedia.

b. Pakan

Merpati termasuk pemakan biji-bijian. Oleh karena itu, pakan merpati merpati juga berupa biji-bijian, misalnya biji jagung, kacang hijau, kacang tanah, biji gandum, beras, jewawut, dan lain-lain. Pakan tersebut dapat diberikan sayu jenis saja atau dapat pula dicampur sama jenis. Untuk makanan piyik, biji-bijian tersebut di tumbuk/digiling hingga lembut, kemudian dicampurkan dengan air matang sum-sum kuku. Aduk hingga rata hingga terbentuk menjadi bubur. Setelah itu, suapi piyik 3 kali sehari.
Sekian tentang peluang usaha menjanjikan di bidang budi daya burung merpati. Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya.
Jangan lupa baca juga tentang Cara sukses usaha di bidang kuliner.


Previous Post
Next Post