Minggu, 23 April 2017

TIPS SUKSES USAHA TERNAK AYAM KAMPUNG


Kali ini Peluang Usaha akan membahas rahasia sukses usaha ternak ayam kampung.

 Sebetulnya banyak sekali jenis peluang usaha di bidang peternakan yang bisa dikembangkan, namun Anda juga perlu memikirkan bagaimana prospek serta permintaan pasar dari usaha yang akan kita jalani untuk jangka panjang. Dan yang paling utama sebelum Anda menjalankan usaha, alangkah baiknya Anda meminta petunjuk kepada sang maha kaya (Allah).
Dari sudut kacamata bisnis, ternak ayam kampung menjadi salah satu usaha yang sangat menarik untuk kita tekuni. Alasannya adalah : membudidayakan ayam kampung dirasa cukup mudah dibandingkan dengan ternak ayam broiler.
Jika Anda ingin memulai usaha di bidang peternakan khususnya ternak ayam kampung perlu memperhatikan beberapa hal seperti berikut ini :

Gali Informasi Sebelum Memulai Usaha


 Apapun jenis usaha yang akan Anda jalani pastinya, diperlukan informasi serta pengetahuan yang cukup sehingga hasil  usaha yang Anda jalani bisa mencapai kesuksesan, "karena kesuksesan Anda di timbang seberapa banyak ilmu yang Anda kuasai tentang usaha yang akan Anda jalani".
Tidak terkecuali dengan usaha ternak ayam kampung. Jangan sampai ketika Anda sedang memulai usaha ternak ayam kampung, Anda akan merasa kebingungan di tengah jalan dan tidak mampu menguasai teknis beternak yang baik sehingga hasilnya tidak akan bisa menjumpai Anda. Oleh karena itu, pelajari bagaimana teknis beternak ayam kampung yang baik dan ketahui bagaimana proses pembibitan, perawatan, hingga proses perkembangbiakannya bisa Anda kuasai dengan baik. Andapu bisa mencari informasi tersebut di berbagai media online, buku, maupun dari blog seperti yang Anda lakukan saat ini.
Selain itu jalani komunikasi dengan para peternak ayam kampung yang lain, yang bisa diajak bertukar pikiran tentang pengalaman beternak ayam kampung.
Jika Anda masih baru ternak ayam kampung Anda bisa melakukan kerjasama pembelian bibit ayam kampung dari peternak yang sudah lama dan lebih pengalaman di bidang ternak ayam kampung.
Anda juga bisa mengikuti kegiatan penyuluhan dan pelatihan cara ternak ayam kampung oleh beberapa instansi baik dari dinas peternakan maupun dari swasta. Kegiatan tersebut bisa membantu Anda dalam memperkaya pengetahuan serta memperoleh petunjuk teknis cara ternak ayam kampung yang benar dan sesuai dengan anjuran.

  1. CARA MEMULAI USAHA TERNAK AYAM KAMPUNG BAGI PEMULA
  2. CARA MEMBUAT PAKAN AYAM DENGAN BIAYA MINIM
 

Perhatikan Persyaratan Beternak Ayam Kampung

Sebagai peternak yang baik, Anda dituntut untuk memenuhi persyaratan tertentu sehingga dalam memulai usaha peternakan ayam kampung Anda dapat mengelola dan meningkatkan produksi secara teratur. Sebenarnya sangat mudah menjadi peternak ayam kampung, persyaratan yang mutlak adalah Anda menguasai ilmu dan berjiwa peternak.
 Penguasaan ilmu adalah : para peternak ayam kampung memahami istilah-istilah dalam dunia peternakan, seperti breeding, feeding, dan manajemen ( termasuk di dalamnya tata laksana, pencegahan/pemberantasan penyakit, dan pemasaran ).
  • Breeding adalah : Segala hal yang berkenaan dengan penggunaan bibit unggul. Bibit unggul ayam kampung yang baik akan menghasilkan ayam kampung unggul, misalnya kini telah tersedia jenis DOC ayam kampung super yang pertumbuhannya jauh lebih cepat dibandingkan ayam kampung biasa.
  • Feeding adalah : menyangkut penggunaan makanan baik mutu dan jumlahnya. Untuk memberikan jaminan pada bibit unggul yang baik sebagai peternak ayam kampung. Anda disyaratkan untuk menyediakan makanan ayam yang bermutu tinggi dalam jumlah yang cukup.
  1. CARA MEMULAI USAHA TERNAK AYAM KAMPUNG BAGI PEMULA
  2. CARA MEMBUAT PAKAN AYAM DENGAN BIAYA MINIM

Karena sejak jaman dahulu kala petani kita sudah melakukan ternak ayam kampug dengan sistem umbaran, namun ternyata pola pemeliharaan umbaran kurang efisien untuk dijalankan di masa sekarang karena pemeliharaan yang ala kadarnya serta pertumbuhan bobot ayam dan produksi telurnya masih cukup rendah.
Sebagai contohnya apabila beternak ayam kampung secara tradisional atau umbaran Anda membutuhkan waktu hampir 6 bulan untuk mencapai bobot 1kg ayam kampung, sedangkan jika kita beternak secara intensif kita hanya membutuhkan waktu sekitar 2-2,5 bulan untuk mendapatkan ayam pedaging yang siap jual.
Jika ingin memulai usaha ternak ayam kampung  sebaiknya Anda harus memperhatikan betul persyarata lokasi serta teknik budidaya yang sesuai dengan setandar peternakan. Apabila kondisi peternakan baik maka bisa membuat para peternak menjalankan usahanya secara fokus.



Fokus Menentukan Arah Usaha

Fokus adalah salah satu yang di haruskan sebagai pengusaha, karena kita harus berjuang dan terus belajar tentang usaha yang kita jalani agar hasilnya akan maksimal. dan begitu juga jika kita sudah memilih untuk usaha ayam kampung kita harus tentukan mau usaha ayam pedaging apa petelur. Hal ini untuk memilih DOC ( bibit ayam kampung ) yang tepat dan sesuai dengan bibit untuk petelur atau pedaging, sehingga hasil dari ternak bisa optimal.kesalahan yang sering dilakukan oleh pengusaha ayam kampung adalah kurang fokus dalam memilih jenis usaha, kebanyakan dari mereka beternak kedua-duanya tanpa memisahkan bibit ayam kampung ( DOC ) sesuai dengan tipe perkembangannya. Akibatnya hasil ternak pun  kurang optimal dan rugi dari sisi pemeliharaan.


Mulailah Dari Hal Yang Terkecil

Bagi Anda yang mau memulai usaha ternak ayam kampung sebaiknya dari hal yang terkecil jangan tergesa-gesa kepingin yang besar. Karena adanya sesuatu/usaha yang besar dimulai dari terkecil hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko kegagalan dalam segi investasi dan pendanaan. Pelajari tips-tips tentang ternak ayam kampung dan jangan lupa selalu berusaha untuk memulai usaha supaya menjadi besar, yakinkan tekad Anda dan siap melawan berbagai cobaan dalam perjalanan kejar terus kesuksesan Anda.
  1. CARA MEMULAI USAHA TERNAK AYAM KAMPUNG BAGI PEMULA
  2. CARA MEMBUAT PAKAN AYAM DENGAN BIAYA MINIM
Previous Post
Next Post